SOAL UTN PLPG


BELAJAR SOAL UTN

1. Jarak dari kota A ke kota B adalah 275 km. Agung naik mobil dari kota A ke kota B berangkat pukul 08.05 dengan kecepatan rata-rata 72 km/jam. Pada waktu yang bersamaan Bima dari kota B menuju kota A melalui jalan yang sama dengan kecepatan rata-rata 53 km/jam. Mereka sudah janjan akan bertemu di suatu tempat, maka mereka akan bertemu pada pukul…
a.  10.13                        b. 10.17                        c. 10.11                         d. 10.15

2. selisih umur seorang ayah dan anak pertamanya adalah 26 tahun. Jika 5 tahun yang lalu jumlah umur keduanya 40 tahun, maka umur ayah dua tahun yang akan datang adalah …. Tahun
a. 35                              b. 42                             c. 38                              d. 40

3. sudut merupakan pertemuan dua buah sinar garis yang bertumpu pada titik pangkalnya. Jika tiga buah sinar garis bertemu dalam satu titik maka akan menghasilkan tiga buah sudut. Jika empat buat sianar garis bertemu dalam satu titik maka akan menghasilkan enam buah sudt. Jika lima puluh buah garis bertumpu pada satu titik, maka akan menghasilkan …. Buah sudut
a. 2450                          b. 1225                         c. 2550                        d. 1525
rumus = ½ x n x (n-1)
4. ongkos parkir mobil (y) ditarik berdasarkan jam parkir (x) dengan menggunakan rumus y=3000+1500(x-1), x1. Maka ongkos parkir mobil untuk 3 jam sebesar…
a. 6000                         b.  4500                         c.   5000                      d. 3500

5. tujuan utama pembelajaran IPS adalah
a.   carracter building                                  c. good citizenship 
b    carring capasity                                    d. expanding community

6. pada saat kita memasak air sampai mendidih, menurut hukum fisika, jika air sudah mendidih maka suhunya ….
a.   tidak dapat ditingkatkan lagi      
b.  akan terus meningkat sesuai kebutuhan                         
c.  menurun secara drastis
d.  mulai menurun sampai titik 0

7. Sebuah kardus berbentuk balok mempunyai ukuran panjang 12 cm, lebar 9 cm dan diagonal ruang 17 cm. jika tinggi kardus sudah dihitung, maka luas permukaan kardus trsebut adalah …. Cm2
a.  552                                                        
b.  828                               
c.  276                                                  
d.  662

8. setelah melakukan suatu penelitian tentang gejala alam biotik, perlu disusun…
a. kesimpulan dan saran untuk kegiatan berikutnya        
b. laporan penelitian             
c. sistematika laporan penelitian
d. kesimpulan hasil penelitian

9. Diketahuai garis lurus dengan persamaan 2y + x – 3 = 0. Persamaan garis berikut yang sejajar adalah …
a.   y=1/2 x – 7                            
b.  y= -1/2x +7                            
c.   2y – x – 3 = 0                               
d.  2y + 2x – 3 = 0

10. model pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan dalam mata pelajaran PKn untuk mencapai pembelajaran yang efektif berpusat pada peserta didik. Salah satu ciri dari pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered) adalah peran guru sebagai fasilitator. Salah satu tugas fasilitator adalah ….
a.   memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan keterampilan berfikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah
b. memfasilitasi peserta didik untuk aktif merumuskan dan memecahkan masalah secara mandiri baik pada kegiatan individual maupun kelompok sebagai proses membangun pengetahuan dan ketrampilan berfikir
c.   memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang hal-hal yang harus dilakukan serta memotivasi untuk belajar aktif sehingga menjadi pembelajar yang mandiri
d.  menyelaraskan bahan ajar dengan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah

11. jika hutan – hutan banyak ditebangi oleh manusia yang tidak bertanggung jawab secara terus menerus dan tidak ada penanaman kembali maka akan mengakibatkan ….
a.   patahan tanah dan meningkat nya kadar O2
b.  retakan tanah dan menurun nya kadar CO2
c.   kesuburan tanah berkurang dan menurun nya kadar O2
d.  banjir dan suhu meningkat

12. dalam menggunakan media pembelajaran PKn SD, maka berikut ini yang tidak perlu diperhatikan yaitu …
a.   satuan pendidikan SD dengan kelas rendah (I-III) dan kelas tinggi (IV-VI)
b.  karakteristik siswa SD
c.   pembelajaran lebih menekankan pada pengalaman dan pembiasaan
d.  pengetahuan dan pengertian yang kompleks dari siswa

13. guru menggunakan metode kontekstual sebagai salah satu syarat agar IPS memiliki kekuatan bahwa materi kajiannya meaningful berarti
a.   bersifat logic dan berguna
b.  menampilkan kasus
c.   menampilkan fakta
d. memenuhi persyaratan aspek kognitif

14. Tuti dan maria dua kakak beradik. Keduanya putri R. Wiraatmadja, mantan Wedana di daerah banten. Meskipun Tuti dan Mara bersaudara, sifat keduanya sangat berbeda. Tuti seorang pendiam dan selalu berhati-hati dalam menuturkan kata. Ia lebih banyak menggunakan akal dan pikiran dari pada perasaan. Watak tokoh Tuti dalam kutipan tersebut adalah
a.   pendiam dan berfikir logis
b.  periang, pemalu, lincah
c.   periang, berfikir logis, berhati-hati
d.  pendiam, pemalu dan berhati-hati

15. pada saat peserta didik melakukan eksperimen atau eksplorasi, guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis. Data dapat diperoleh melalui membaca literatur, mengamati objek, wawancara dengan narasumber, melakukan uji coba sendiri dan sebagainya. Langkah terakhir, peserta didik menggeneralisasi atau menarik kesimpulan. Kegiatan di atas merupakan langkah pembelajaran….
a.   project based learning
b.  problem based learning
c.   cooperative learning
d.  group investigation

16. ali memerlukan sepuluh buku yang terdiri dari buku matematika dan buku ipa. Harga setiap buku  matematika Rp. 5.000 dan setiap buku IPA Rp. 6.000. bila membayar kesepuluh buku itu Rp. 54.000, maka buku matematika yang diperoleh ali adalah…
a.   6 buku matematika
b.  4 buku matematika
c.   5 buku matematika
d.  3 buku matematika

17. salah satu tujuan pendidikan IPS adalah mengembangkan ketrampilan siswa yang dapat diwujudkan dalam kegiatan …
a.   mencari bukti-bukti ilmiah, menaksirkan data dan merumuskan kesimpulan
b.  merumuskan masalah, menentukan tujuan dan menyusun kesimpulan
c.   merumuskan latar belakang, mencari dan menganalisis data
d.  mencari dan mengolah data, menafsirkan data dan membuat hipotesis

18. Pembelajaran IPA di sekolah dasar tidak cukup hanya diajarkan dengan menggunakan metode ceramah karena …
a.   alokasi waktu yang tersedia tidak mencukupi
b.  materi pembelajaran IPA di sekolah dasar terlalu banyak
c.   harus tersedia alat peraga
d.  dalam pembelajaran IPA peserta didik perlu dilatih ketrampilan proses

19.  Anda memeriksa hasil laporan praktik siswa dan menemukan cukup banyak kesalahan yang ada pada tulisan siswa. Kalimat santun yang layak disampaikan terkait dengan penyempurnaan laporan tersebut adalah …
a.   laporan tidak layak untuk disampaikan karena masih banyak yang perlu diperbaiki
b.  laporan memerlukan telaah yang cukup panjang karena masih terdapat kesalahan
c.   laporan yang dibuat sudah baik, namun untuk kesempurnaan laporan ini hal yang bersifat teknis perlu diperbaiki
d.  laporan yang dibuat perlu diperbaiki karena masih terdapat kekurangan pada halamannya

20. Setelah siswa mempelajari PKn akan memahami cara menghargai jasa para tokoh dalam proses perumusan dasar Negara Pancasila yaitu dengan …
a.   tidak mengakui ideology Negara
b.  menganggap Pancasila sebagai ideology yang tidak sesuai lagi dengan keadaan sekarang
c.   menunjukkan sikap hedonisme
d.  meneladani sikap dan perilaku para tokoh

21. langkah terakhir membuat taman adalah menempatkan tanam-tanaman yang kita sediakan sesuai dengan sketsa yang dibuatnya. tanam-tanaman hendaknya tidak dalam ukuran yang serupa dan warna senada. usahakan membuat komposisi yang nyaman dipandang baik bentuk maupun warnanya. terakhir letakkan jembatan rumah gubuk boneka atau kaca sebagai danau tiruan. Pada paragraf tersebut, kata-kata yang seharusnya diawali huruf capital adalah ….
a.   langkah, hendaknya, usahakan, terakhir
b.  langkah, sesuai, usahakan, terakhir
c.   langkah, tanam-tanaman, usahakan, terakhir, danau
d. langkah, tanam-tanaman, usahakan, terakhir

22. Penerapan prinsip belajar secara berkesinambungan pada pembelajaran IPA adalah …
a.   diawali dengan menggali konsep, melakukan pengamatan, baru membuat kesimpulan
b. belajar diawali dengan contoh, baru ke materi yang sulit
c.   belajar materi IPA , baru dilanjutkan dengan diskusi kelompok
d.  belajar materi-materi IPA sepanjang hari sampai menguasai

23. Agar siswa aktif dalam pembelajaran bilangan empat angka, kepada siswa diberikan soal sebagai berikut : isikan suatu angka berikut ini 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 minimal satu kali untuk membentuk tiga bilangan empat angka yang jumlahnya 9536, maka siswa menemukan banyak jawaban benar. Hal ini dapat mencerminkan pendekatan pembelajaran ….
a.   open ended/divergen                                                              c.   saintifik
b.  interaktif                                                                                 d.  ekspositori

24. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini dengan maksud agar ……….
bea. adaptif dengan arus globalisasi saat ini
b. tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa luar
c. nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa kita
d. terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di Indonesia


25. Pembelajaran konstektual dalam IPA pada siswa kelas 1 SD, khususnya pemodelan harus mengakomodasi karakteristik perkembangan peserta didik. Pemodelan yang sesuai untuk kegiatan mengidentifikasi bagian-bagian anggota tubuh adalah
a. memperagakan tubuh diri sendiri
b. tanya jawab nama bagian-bagian anggota tubuh
c. mengamati gambar tubuh manusia
d. memasangkan kartu kata dengan anggota tubuh














Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN UTN SOAL PEDAGOGIK

LATIHAN UTN SOAL BAHASA